#SIP Etika Menulis Artikel Online

stock-photo-hand-using-laptop-and-write-note-inspire-idea-on-wood-desk-294089048

Internet adalah dunia yang sangat luas, dan seperti dunia pada umumnya ada beberapa peraturan atau beberapa norma yang harus diikuti, dan ada beberapa etika yang harus diikuti. Tentu saja pada kenyataannya tidak semua orang mengikutinya, di dunia nyata saja banyak pelanggaran yang terjadi pada peraturan dan norma yang sudah ditetapkan, maka pada dunia yang batasannya terlihat samar dan bagaimana batasan anonimitas. Anonimitas sendiri masih dipertanyakannya batasnnya, misalnya bagaimana anonimitas dalam media online dan anonimitas media offline dan bagaimana etisnya anonimitas dalam kedua dunia tersebut. Maka pelanggaran terhadap hal-hal ini bukanlah hal yang tidak diperkirakan lagi.

Bagaimana pelanggaran itu dapat terjadi? Tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti yang telah disebutkan di atas, anonimitas dan batasn yang samar bisa mempengaruhi, tetapi mungkin hal remeh seperti ketidaktahuan. Karena itu mari membahas beberapa etika dalam menulis artikel online.

Etika sendiri adalah konsep yang mengarah pada perilaku yang baik dan pantas. Terkait dengan moralitas, pranata, norma, baik kemanusian maupun agama. Etika adalah mengenai bagaimana kita menghadapi tantangan untuk berbuat baik ketika hal itu lebih mahal dari apa yang kita bayar.

Berikut etika menulis artikel online secara singkat:

  1. Hak kita untuk mensuarakan opini kita, maksudnya adalah kebebasan dalam berpendapat, memberikan informasi, mem-publish­, dan berekspresi adalah fondasi dari demokrasi. Sebagai penulis atau ­content creator ini adalah obligasi kita untuk melindungi hak kita.
  2. Kritislah terhadap segala sesuatu, bahkan diri sendiri, maksudnya sebagai penulis kita adalah bagian dari pembuat pengetahuan bebas dan diskusi. Menjadi obligasi kita untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi di masyarakat dan bagaimana kita sebagai penulis mempresentasikan hal ini.
  3. Gunakan kekuatanmu untuk melindungi, sebagai penulis kita dapat menunjukan ketidakadilan dan pengabaian yang dilakukan oleh individu atau sebuah sekelompok orang. Selalu gunakan kekuatan ini secara bijak.
  4. Katakan kebenaran setiap saat, dengan keuatan besar artinya adapula tanggung jawab yang besar. Kata-kata dan gambar senjata ampuh yang harus digunakan secara hati-hati. Ketika? mem-publish sesuatu, sajikan fakta-fakta seperi apa adanya, walau mungkin kita tidak setuju dengan apa yang akan kita tulis.
  5. Tunjukan opinimu sebagai opini, opini kita dan interpretasi kita sebagai penulis penting dan haruslah dibagi tapi tidak boleh tertukar dengan fakta dan data yang ada. Ketika mensuarakan pendapat atau interpretasi kita atau orang lain selalu perlihatkan seperti itu. Jangan pernah mejelaskan opini atau interpretasi sebagai fakta atau dugaan.
  6. Nyatakan kesetiaan anda untuk tetap menjadi indipenden, untuk mempertahankan kepercayaan dan integritas sebagai penulis, selalu nyatakan relasi, finasial, personal, atau political atau hal lainnya kepada subjek atau topik yang kita presentasikan. Ke-biasa-an walau itu hanya dipersepsikan seperti itu, segera mendiskreditkan kita kecuali kita peringatkan dahulu. Misalnya, apabila kita punya relasi dalam bidang politik, nyatakan terlebih dahulu. Dengan mengatakan fakta tentang diri kita, maka nilai yang terkandung dalam informasi kita dapat dikurangi biasnya.
  7. Ungkapkan sumber kita kecuali dapat membahayakan sumber kita, selalu ungkapkan sumber-sumber kita agar memastikan transparasi kecuali memang bisa membahayakn sumbernya ini dapat mempertahankan kredibilitas kita sebagai penulis dan konten yang kita berikan dan menyediakan jalan untuk mengejar fakta-fakta dari masalah yang kita tulis.
  8. Jadilah kritis kepada sumber anda mencari verifikasi indipenden, walau kita menurut etika dan tidak bias tapi tidak ada yang dapat menjamin sumber kita. Karena itu sebelum mempresentasikan informasi sebagai fakta selalu periksa kredibilitas dan cari verifikasi indipenden dari sumber, bila tidak menemukan katakana bahwa kita tidak menemukan secara jelas dan benar.
  9. Selalu berikan kredit apabila memang diperlukan, selalu berikan atribusi yang jelas apabila quoting atau menggunakan konten atau hasil kerja orang lain.
  10. Selalu menjaga makna yang dimaksudkan dari pernyataan yang diberikan, selalu pastikan makna atau pesan yang ingin disampaikan statement kita, mengulang, atau memberikan pendapat tersampaikan. Jangan pernah mengedit atau mengubah statement dengan pemikiran untuk merubah makna atau pesan.
  11. Berikan lawan kesempatan untuk menanggapi, fondasi dari diskusi adalah memberikan berbagai pihak kesempatan untuk mensuarakan opini mereka. Selalu berikan kesempatan lawan.
  12. Segera akui dan koreksi kesalahan yang dibuat, ketika terdapat kesalahan atau ketidaktelitian yang ditemukan oleh diri sendiri atau orang lain, segera koreksi dan beritahu agar memberikan kesempatan orang yang menggunakan diri kita sebagai sumber atau menjadi landasan/dukungan bagi opini mereka dapat mengkoreksinya juga. Adalah tugas penulis untuk menjujung tinggi dan menyajikan fakta walau itu artinya mengharuskan kita mengakui kesalahan kita.

Berikut  adalah beberapa etika dalam menulis online.

Sumber:

https://mor10.com/code-of-ethics-for-bloggers-social-media-and-content-creators/ (diakses Kamis 6 Oktober 2016 pukul 13.24)

Rifai, Mien A. (2004). Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; cet. 4

Bertens, K. (2011). Etika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

https://www.writingthoughts.com/the-freelance-writers-code-of-ethics/ (diakses Kamis 6 Oktober 2016 pukul 14.20)

https://ethics.journalism.wisc.edu/resources/digital-media-ethics/ (diakses Kamis 6 Oktober 2016 pukul 12.10)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s